Tips-tips mamilih perangkat komputer

Sekedar informasi sebelum anda membeli perangkat – perangkat pc/komputer anda,seperti memilih Case, Power supply, Motherboard, Chipset, Socket, Ram Adapter card, atau yang lainnya, sebaiknya baca postingan saya yang satu ini, setidak nya berguna, hehe..

Memilih Case/kesing
Dalam memilih case/kesing kita harus mengetahui perangkat yang akan terhubung ke komputer baik secara internal maupun eksternal. sebuah case/kesing komputer harus pas untuk menahan ukuran dan bentuk power supply, motherboard, memory dan bagian-bagian lain nya

 

Memilih Power supply
Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan Ac menjadi tegangan DC, power supply pada dasar nya memiliki tagangan 3.3, 5 dan 12 volt
Memilih motherboard
Saat anda memilih motherboard pastikan dahulu mendukung CPU, RAM, Video adapter, dan kartu adapter lain nya.
Memilih chipset
Motherboard yang berbagai jenis chipset yang berbeda, memilih chipset harus memiliki versi yang menyediakan kemampuan yang butuhkan. Misalnya, Anda dapat membeli motherboard dengan chipset yang memungkinkan beberapa port USB, koneksi eSATA, surround sound, atau basic video.
Memilih socket dan slot Cpu
Motherboard memiliki berbagai jenis soket CPU dan slot CPU yang ditentukan oleh chipset. Ini soket atau slot menyediakan titik koneksi dan antarmuka listrik untuk CPU. CPU harus sesuai dengan jenis motherboard socket atau slot yang jenis CPU. Sebuah paket berisi  CPU, titik sambungan, dan bahan-bahan yang mengelilingi CPU dan mengusir panas.
Memilih RAM
Saat ingin memilih RAM baru, anda harus menentukan apakah Ram yang anda beli cocok dengan motherboard anda, dan tipe Ram nya harus sama dengan tipe komputer yang akan dipasangkan  Ram tersebut, kecepatan Ram yang baru harus sama atau lebih cepat dari pada Ram yang lama nya.
Saat akan mengganti Ram, matikan dahulu computer anda,  Setelah anda mengganti Ram lama ke yang baru, hidupkan kembali computer anda untuk melihat apakah aplikasi berjalan dengan baik.
Catatan : untuk melihat aplikasi yang yang sedang berjalan, tekan CTRL-ALT-DEL secara bersamaan, ini berfungsi untuk membuka task manager.
Memilih Adapter card
Kartu adapter / adapter card juga sering dibilang expension card/ kartu perluasan. Adapter card dirancang untuk tugas tertentu dan menambahkan fungsi – fungsi tambahan untuk computer.
Jika motherboard tidak memiliki slot yang kompatibel, perangkat external dapat menjadi pilihan kedua anda.
Faktor-faktor lain yang berpengaruh dalam pemilihan adapter card termasuk biaa, garansi, merek, dan ketersediaan.

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: