Perbedaan Format Ntfs dan Fat

NTFS

NTFS (New Technology File System) adalah File System yang keluarkan oleh Windows NT untuk menggantikan File System FAT yang memilik beberapa kekurangan. Kelemahan itu antara lain pada data storage dan management, sistem jaringan komputer, dan environment yang mendukung. NTFS diciptakan dengan memadukan suatu konsep file sistem lain, HPFS, yang digunakan pada OS/2 ditambah teknologi baru hasil temuan Microsoft sendiri. NTFS Sendiri diciptakan pada sekitar tahun 90-an.

Partisi NTFS secara teoritis hampir dapat memiliki semua jenis ukuran partisi. Namun ukuran partisi yang maksimum saat ini masih dibatasi oleh kapasitas hard disk. Pada NT4 juga masih memungkinkan terjadinya beberapa masalah instalasi pada partisinya dan juga terjadi jika pada bagian-bagian dari partisi itu ukurannya melebihi 8GB (Giga Bytes).

Seperti pada sistem berkas lainnya, NTFS juga membagi semua tempat pada disk dalam bentuk cluster-cluster. Cluster adalah blok-blok data yang digunakan saat itu. NTFS mendukung untuk semua ukuran cluster, dari 512 bytes hingga 64 Kilo Bytes. Namun yang standar ialah ukuran cluster 4 Kilo Bytes.

Beberapa fitur NTFS:

– NTFS dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna (dalam NTFS disebut dengan Disk Quota).

– NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan jenis beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan.

– NTFS mendukung kompresi data transparan yang meskipun tidak memiliki rasio yang besar, dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruangan hard disk. Selain itu, NTFS mendukung pembuatan berkas dengan atribut sparse (berkas yang berisi banyak area kosong di dalam datanya) yang umumnya dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi ilmiah.

– NTFS mendukung hard link (tautan keras) serta symbolic link (tautan simbolis) seperti halnya sistem berkas dalam sistem operasi keluarga UNIX, meskipun dalam NTFS, implementasinya lebih sederhana. Fitur symbolic link dalam NTFS diimplementasikan dengan menggunakan Reparse Point yang awalnya hanya dapat diterapkan terhadap direktori. Windows Vista mengizinkan penggunaan symbolic link terhadap berkas.

– NTFS mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter. Berbeda dengan sistem berkas FAT yang masih menggunakan pengodean ANSI (8-bit ASCII) dan hanya berorientasi pada format 8.3. Penggunaan nama panjang dalam sistem berkas FAT akan menghabiskan lebih dari dua entri direktori. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan dalam tabel dibawah.

– NTFS memiliki fitur untuk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas. Fitur ini disebut dengan alternate data stream.

Berikut tabel perbedaan antara NTFS dan FAT

sumber : http://cholipin.blogspot.com

Karakteristik NTFS FAT32 FAT16 Jumlah berkas dalam satu volume 232-1 berkas 228 berkas 228 berkas Berkas atau subdirektori setiap direktori Tidak terbatas 216-2 berkas atau direktori 216-2 berkas atau direktori Kompatibilitas dengan sistem operasi DOS Tidak Tidak Ya Dapat dual-booting dengan Windows 95/98 Tidak Ya (Windows 95 OSR 2.0 ke atas) Ya (Semua versi) Kompresi data transparan Ya Tidak Tidak Enkripsi Transparan Ya (versi 3.0 ke atas) Tidak Tidak Penetapan kuota ruangan untuk tiap pengguna Ya Tidak Tidak Ukuran berkas maks 264 – 1 byte 232 – 1 byte 232 – 1 byte Ukuran cluster min 512 bytes (1 sektor) 512 bytes (1 sektor) 512 bytes (1 sektor) Ukuran cluster maksimum 64 KB (32 sektor) 64 KB (32 sektor) 64 KB (32 sektor) Ukuran partisi maksimum 232 cluster 4,177,198 cluster 2 Gigabyte (bisa sampai 4 Gigabyte pada Windows NT) Jumlah berkas tiap partisi 232 – 1 berkas 228 berkas 216 berkas Jumlah direktori tiap partisi Tidak Terbatas 216 – 2 direktori 216 – 2 direktori

Tagged: ,

2 thoughts on “Perbedaan Format Ntfs dan Fat

  1. Blogging to the Bank 2011 Reviews 10 February 2011 at 15:01 Reply

    Hi, just needed you to know I have added your internet site to my Google bookmarks because of your extraordinary blog layout. But seriously, I think your site has a single with the freshest theme I’ve came across. It really helps make reading your blog a lot easier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: