Macam – macam jaringan

Macam – macam jaringan computer

Hubungan antara computer akan membentuk jaringan yang dihubungkan melaluai kabel.  Pada mulanya sangat sederhana dengan dua computer,  kemudian dikembangkan menjadi beberapa computer hingga pada keperluan yang lebih besar.

Saat ini ada banyak jenis jaringa di gunakan oleh masyarakat, seperti Can ( controler area network ), Lan ( local area network ), Man (metropolitan area network ), Wan ( wide area network ), Pan (personal area network ), dan jaringan internet.

Perbedaan Lan dan wan

Pada mulanya, jaringan computer diciptakan dalam kelompok kecil dengan menggunakan kabel, sehingga dalam satu perkantoran memeungkinkan untuk bertukar data secara terbatas. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan Lan (local area network ), jaringan lan di bentuk untuk kebutuhan dan kondisi, antara lain beroperasi dlam ruang terbatas, mempunyai daya akses yang tinggi, koneksi secara full time, dan kendali secara local.

Dengan meningkatnya kebutuhan manusia untuk kepentingan yang lebih besar, missal nya organisasi dan perhimpunan dagang, maka dikembangkan Wan ( wide area netrwork ) atau juga dikenal sebagai intranet. Software yang digunakan biasanya berdasarkan keperluan jaringan computer yang ada.

Setiap jaringan harus mematuhi aturan jaringan atau yang dikenal dengan Topologi jaringan. Topologi jaringan yang ada pada saat ini antara lain Topologi bus / linear bus, Topologi ring, Topologi hirarki, Topologi star, danTopologi mesh

Topologi bus

topologi bus

Topologi bus ada dua macam, yaitu linear bus dan T-bus, Topologi ini menghubungkan beberapa komputer dengan system T, atau dengan jaringan yang tersusun secara peralel .jaringan ini memeiliki keistimewaan, jika satu komputer mengalami gangguan, maka computer lain tetap dapat dioperasikan dengan baik.

Topologi ring

topologi ring

Jaringan ini dikenal juga sebagai jaringan dari titik ke titik, karna jaringan terhubung dari satu terminal ke terminal lain nya topologi ini adalah perkembangan dari topologi bus. Dan terhubung secara serial. Keistimewaan dari jaringan ini adalah tiap computer memiliki kedudukan yang sama dan tidak memiliki pusat. Titik kelemahan dari jaringan ini adalah jika salah satu koputer mengalami gangguan, maka computer lain nya juga tidak dapat beroperasi

Topologo hirarki

Pada topologi hirarki, setiap jaringan tidak memiliki kedudukan yang sama, tetapi ada top dan down. Seperti diagram pohon, dan terminal menguasai kedudukan yang paling tinggi, keunggulan dari topologi ini adalah data terpusat terpusat, sehingga mudah untuk di control. Kelemahan dari topologi ini adalah jika ada kerusakan pada jaringan yang lebih tinggi, maka jatingan di bawahnya tidak dapat beroperasi.

Topologi star

Topologi star menghubungkan tiap computer langsung ke pusat sehingga tidak perlu berhubungan dengan computer lain, keistimewaan topoligi ini adalah cepat berhubungan dengan pusat (server ) sehingga control data dapat dilakukan dengan cepat karma data terpusat di server. Tetapi jika server mengalami kerusakan ataw gangguan, maka setiap computer  yang terhubung tidak dapat beroperasi.

Topologi mesh

Topologi ini menghubungkan semua computer sehingga setiap klien atau komputerdalam jaringan mesh dapat berhubungan secara langsung. Topologi ini sedikit rumit jika computer yang digunakan cukup banyak.

Tagged:

One thought on “Macam – macam jaringan

  1. infotekinfo 22 July 2011 at 21:36 Reply

    makasih infonya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: